Iklan

iklan

Gelar Rakor, KPU Nabire: Debat Terbuka Kandidat Pilkada Nabire Akan Dilakukan Tiga Kali di Dua Tempat Berbeda

Tabloid Daerah
10.11.2024 | 9:00:00 AM WIB Last Updated 2024-10-15T11:47:53Z
iklan
Foto Bersama Usai Melakukan Rakor, KPU Kabupaten Nabire dan Kedua Tim Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nabire di Rumah Makan Sari Kuring, Jalan Kupang, Kali Susu, Nabire - (Ist.)

[Tabloid Daerah], Nabire --
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nabire menggelar Kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Debat Kandidat Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nabire pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024, Kamis (10/10/2024) di Rumah Makan Sari Kuring, Jl. Kupang, Kali Susu, Nabire.

Rakor tersebut dipimpin oleh Ibu Ketua KPU Nabire, Sarlota Wartanoy dan dihadiri Ketua Komisioner Teknis dan Penyelenggara, Akwila Yafeth Wakum, S.E., Ketua Komisioner Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM), Oktovianus Elabi, A.Md., Ketua Komisioner Hukum dan Pengawasan, Oktovianus Tabuni, S.H.

Turut hadir juga, Sekretaris KPU Nabire, Saverius Tebai, S.STP., Kasubag SDM KPU Nabire, Aswan P. Pasari, Ketua Relawan Bakal Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 1, Inarius Douw, Ketua Pemenangan Paslon Nomor Urut 2, Hengki Wakei. Serta, Staf KPU Kabupaten Nabire.

Ketua KPU Nabire, Sarlota Wartanoy mengatakan KPU Kabupaten Nabire akan mengfasilitasi pelaksanaan Debat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nabire pada Pilkada serentak Tahun 2024, "Kewajiban KPU dalam membantu setiap Paslon dalam mensosialisasikan visi-misinya bahkan dalam beberapa kampanye juga difasilitasi," pungkas Ibu Ketua KPU Nabire.

“Dalam rapat koordinasi kali ini bertujuan untuk melakukan diskusi dan mengharapkan masukan dari masing-masing pihak Paslon yang sesuai dalam PKPU tentang Debat,” lanjut Sarlota.

Menurut Ibu Ketua KPU Nabire, pihaknya menggelar Rakor ini merupakan rapat awal untuk kesiapan setiap elemen dalam pelaksanaan debat.

"Debat Paslon akan dilaksanakan sebanyak 3 kali, dan akan dilakukan secara terbuka juga, melibatkan media elektronik serta media lokal di Kabupaten Nabire," jelas Ketua KPU Nabire.

Debat ketiga akan digelar di Jayapura, Papua, tambah Sarlota bahwa KPU Kabupaten Nabire nantinya mengfasilitasi keberangkatan Tiket Pesawat Nabire - Jayapura dan Jayapura - Nabire untuk Kedua Paslon Bupati dan Wakil Bupati.

“Kami KPU Kabupaten Nabire akan berkoordinasi dengan mengirim surat ke maskapai agar tersedia tiket Nabire - Jayapura pada debat ketiga, dan akan mengirim surat ke Dinas Perhubungan Kabupaten Nabire untuk mengfasilitasi dan melayani para Paslon dan pendukungnya dalam mengikuti debat di Jayapura serta akan kembali ke Nabire. Penting juga bahwa KPU hanya mengfasilitasi Paslon Bupati dan Wakil Bupati dari dua Paslon ini. Selebihnya, itu dibiayai sendiri oleh pendukung jika ingin ikut debat ketiga di Jayapura," kata Ibu Ketua KPU Nabire.

Dalam Debat nantinya, lebih lanjut Sarlota mengungkapkan pertanyaan yang diberikan tidak keluar dari visi - misi Paslon, semua akan dirancang oleh Tim Perumus. Sehingga, pihak KPU dan moderator pun tidak mengetahui tentang apa yang akan ditanyakan pada Paslon saat Debat kandidat nanti.

Sementara itu dalam Rakor tersebut, Ketua Komisioner Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Oktovianus Elabi, A.Md., juga mengatakan KPU Kabupaten Nabire telah melakukan koordinasi dengan Panelis, Moderator, dan Lembaga penyiaran terkait jadwal debat kandidat Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati untuk kedua Paslon itu.

“Debat Pertama Kandidat Pilkada Kabupaten Nabire akan dilaksanaka pada tanggal 16 Oktober 2024, Debat Kedua pada tanggal, 30 Oktober 2024 yang bertempat di RRI Nabire, Jalan Merdeka, Karang Mulia. Sedangkan,  Debat Kandidat yang ketiga akan dilaksnakan di Stasiun TVRI Jayapura pada tanggal, 19 November 2024,” ungkap Oktovianus Elabi.

Terkait Materi Debat, Elabi mengatakan Materi Debat akan menyusul Surat Resmi KPU Kabupaten Nabire kepada Tim Paslon Nomor Urut 1 dan Tim Paslon Nomor Urut 2. Dan terkait Debat sesuai dengan PKPU 13 Tahun 2024, dan disesuaikan dengan Visi - Misi Paslon.

“Terkait Alat Peraga Kampanye (APK) Pasangan Calon, masih menunggu proses pendistribusian oleh pihak terkait. Sehingga, KPU Nabire akan menyampaikan dan membagikan kepada Pasangan Calon ketika APK sudah tiba dan di terima bahwa segera dibagikan kepada Ketua Tim Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati untuk melakukan sosialisasi sesuai dengan tempat yang telah di tentukan untuk Pemasangan APK nya,” tutup Ketua Komisioner Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM.(#CR-Ronde/tadahnews.com)




CR: Ronny Degei
Editor: Melkianus Dogopia
Baca Juga
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gelar Rakor, KPU Nabire: Debat Terbuka Kandidat Pilkada Nabire Akan Dilakukan Tiga Kali di Dua Tempat Berbeda

P O P U L E R

Trending Now

Iklan

iklan