Iklan

iklan

Pembangunan Gereja Paroki Keluarga Kudus Apouwo Belum Rampung, Ini Harapan Umat Kepada Pemprov Papteng dan Pemkab Dogiyai

Lambertus Magai
9.23.2024 | 7:00:00 PM WIB Last Updated 2024-09-28T06:46:37Z
iklan
Pembangunan Gereja Paroki Keluarga Kudus Apouwo Belum Rampung, Masih 80% dan belum 20% - (#LaMa-TadahNews)

[Tabloid Daerah], Nabire --
  Di Kampung Apouwo [Apogomakida], Distrik Piyaiye, Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua Tengah (Papteng), jauh dari kota, ditempuh dengan jarak dua hari perjalanan, Umat Paroki Keluarga Kudus Apouwo Piyaiye masih mengalamai kendala dalam pembangunan Gedung Gereja yang masih rampung 80% agar ada perhatian dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) guna kelancaran pembangunan Gereja.

Umat Paroki Keluarga Kudus Apouwo Piyaiye yang baru saja merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) nya yang ke-13 pada tanggal 18 September 2024, ini, masih mengalami kendala dalam pembagunan Gedung Gereja.
Sisa Pembangunan Gereja 20% yang masih belum - (#LaMa-TadahNews)

Hal ini disampaikan Penanggung Jawab Paroki Keluarga Kudus Apouwo Piyaiye, Diakon Theodorus Iyai melalui pesan Whatsapp [WA] kepada awak media tadahnews.com, Senin (23/9/2024).

“Rumah Tuhan adalah tempat untuk berkumpul dan mengadakan pertemuan dalam sebuah ibadah juga dibutuhkan, Baik itu, Umat Katolik maupun Umat yang non Katolik [beragama lain]. Seiring berjalannya waktu dan penyertaan Tuhan terus berlaku atas kehidupan orang-orang Katolik di tengah-tengah penindasan orang-orang yang membenci Kristus,” kata Diakon Iyai kepada awak media ini.

Seiring berjalannya waktu, lanjut Diakon Iyai bahwa Umat Tuhan juga terus bertambah hingga sampai berita ini diterbitkan.

“Umat Tuhan terus berkembang sampai pada saat ini. Sehingga, pembangunan gedung gereja juga mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, demikian dengan Umat Paroki Keluarga Kudus Apouwo yang kini dalam proses pembangunan Gedung Gereja,” ungkap Diakon Iyai.

Menurut pihaknya, Umat Paroki Keluarga Kudus Apouwo menganggap bahwa pembangunan Gedung Gereja sangat penting sebagai tempat untuk berkumpul melaksanakan ibadah dan menumbuhkan kehidupan rohani umat, “tempat untuk beribadah dalam hal ini gedung gereja penting untuk diperhatikan karena, Gedung Gereja dibangun untuk memenuhi keperluan umat dalam beribadah,” pungkas Diakon Iyai.

Di Wilayah Piyaiye hampir seluruh kampung sudah memiliki Gedung Gereja, baik Gedung Gereja yang dibangun secara swadaya maupun Gedung Gereja yang dibangun dengan bantuan dari Pemerintah. Dan saat ini, umat Paroki Keluarga Kudus Apouwo yang sedang dalam proses pembangunan Gedung Gereja baru yang dimulai dari Tahun 2011 sampai sekarang.

14 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal, 26 Maret 2011, Gereja Katolik Paroki Keluarga Kudus Apouwo mulai di bangun setelah peletakkan batu pertama oleh Almarhum [Alm]. Mgr. Uskup Jhon Philips Saklil, Pr., umat bersemangat untuk membangun Gedung Gereja tersebut. Dan, ini bisa terjadi karena, berkat adanya kebersamaan dan juga semangat panitia pembangunan gereja, semangat Pastor Paroki, dan tentunya semangat umat yang sangat luar biasa. Sehingga, sudah banyak sekali dana yang terkumpul secara swadaya,” sambung Diakon Iyai.

Dirinya sangat bangga melihat semangat Umat Paroki Keluarga Kudus Apouwo, Dijelaskanya, melihat ini adalah semangat kesungguhan dan keinginan yang kuat untuk memiliki Rumah Ibadah yang baru, yang representatif.

“Umat bergandengan tangan bersama Panitia Pembangunan Gereja Keluarga Kudus Apouwo terus berupaya dalam topangan para tukang, bersama pengorbanan keutuhan semua umat, terus bekerja untuk membangun Gedung Gereja dari pondasi setiap kolam, lokasi, tiang, dan sampai atap naik, pembangunan gereja tersebut sudah 80% dan sisa 20% yang belum diselesaikan karena, umat kewalahan dana juga transportasi udara,” jelas Diakon Iyai.

Pihaknya berharap, sangat membutuhkan perhatian serius dari Pemprov Papteng dalam hal ini Ibu Penjabat (Pj). Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, S.Sos., M.M., dan Pemkab Dogiyai, dalam hal ini juga, Bapak Pj. Bupati Dogiyai, Marten Ukago, S.E. M.Si.

“Saya selaku Pastor Penanggung Jawab Paroki Keluarga Kudus Apouwo Piyaiye, Diakon Thedorus Iyai, sangat berharap agar Pemprov Papteng serta Pemkab Dogiyai, yakni; Ibu Ribka Haluk sebagai Pj. Gubernur Provinsi Papua Tengah dan Bapak Marten Ukago sebagai Pj Bupati Kabupaten Dogiyai, kiranya dapat membantu untuk pembangunan kelanjutan dari Gereja Paroki Keluarga Kudus Apouwo Pioyaiye ini. Dan juga kepada seluruh Umat Paroki Apouwo termasuk empat Stasi agar dapat meringankan beban pembangunan gereja selanjutnya hingga sampai selesai,” tutup Diakon Iyai, sebagai Pastor Penanggung Jawab Paroki Keluarga Kudus Apouwo Piyaiye dengan penuh harap.(#LaMa/tadahnews.com)




Reporter: Lambertus Magai
Editor: Melkianus Dogopia
Baca Juga
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pembangunan Gereja Paroki Keluarga Kudus Apouwo Belum Rampung, Ini Harapan Umat Kepada Pemprov Papteng dan Pemkab Dogiyai

P O P U L E R

Trending Now

Iklan

iklan