Iklan

iklan

Pemkab Dogiyai Menggelar Musrenbang Jangka Panjang Daerah, Ini Tujuannya!

Melkianus Dogopia
7.26.2024 | 7:00:00 PM WIB Last Updated 2024-07-29T10:04:06Z
iklan
Plh. Sekda Kabupaten Dogiyai, Damiana Tekege, SH. M.Hum., Resmi Membuka Kegiatan Musyawarah RPJPD Tahun 2025-2045.

[Tabloid Daerah], Nabire
-- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dogiyai melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Dogiyai telah menggelar Musyarawah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Jangka Panjang Daerah atau RPJPD Tahun 2025-2045 bertempat di  salah satu Kafe di Nabire, Papua Tengah, Jumat (26/07/2024).


Pantauan awak media tadahnews.com, kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekda Kabupaten Dogiyai, Damiana Tekege, SH. M.Hum. Dan dihadiri oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Papua Tengah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Tokoh Perempuan, dan organisasi masyarakat lainnya di Kabupaten Dogiyai.

Yakobus Dogomo, Kepala BAPPEDA Dogiyai, menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk pembangunan nasional, perencanaan maupun pembangunan yang dilaksanakan di tingkat pusat itupun wajib diikuti di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten.

“Kemajuan Provinsi Papua Tengah maupun provinsi yang lain itu didukung oleh kabupaten. Karena, provinsi itu dia tidak mempunyai penduduk, yang mempunyai penduduk itu Kabupaten. Sehingga, indikator pembangunan apabila pembangunan di kabupaten maju berarti dia akan mempengaruhi tingkat kemajuan di tingkat provinsi,” ungkap Kepala Bappeda Dogiyai, saat diwawancarai awak media ini.

Lebih lanjut lagi, dirinya menjelaskan, begitupun sebaliknya, kalau tidak maju di tingkat kabupaten nanti indikator pembangunan di tingkat provinsi akan terpengaruh. Jadi, saling terkait, saling mendukung, baik pembangunan di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten.

“Karena, satu kesatuan dalam penyusunan RPJPD Kabupaten, bagian ini untuk pembangunan jangka waktu 20 tahun dalam pembangunan jangka waktu 20 tahun tidak secara spesifik, di situ disebutkan terkait dengan program tapi, itu lebih pada arah kebijakan. Jadi, perlu menyusun Visi-Misi dan juga arah kebijakan dan indikator pembangunan selama 20 tahun,” jelas Dogomo.

Menurutnya, itu menjadi Visi-Misi Kabupaten yang akan dituangkan dalam RPJPD secara spesifik akan ada 4 tahap nanti. Tahap yang pertama itu akan menjadi jangka pendek untuk kita melaksanakan program misalnya; berkaitan dengan pemberdayaan kemasyarakatan terkait dengan infrastruktur.

“Program yang nanti akan dituangkan dengan RPJMD itu yang pertama terkait dengan pembangunan perkantoran, karena aparatur ini kantor-kantor di Kabupaten Dogiyai terbakar, sehingga dalam RPJMB ke depan yang akan kami dorong itu dari sisi Insfratruktur.”

Tambah Dogomo, selain pelayanan fasilitas dasar, Jalan dan jembatan kemudian yang paling utama yang kami akan dorong itu terkait dengan perkantoran-perkantoran itu terkait dengan rencana pertaruhan wilayah atau kawasan pengembangan perkantoran.

“Itu kami akan mempertegas juga dengan RT/RW. Sehingga, kawasan-kawasan pembangunan itu kita bisa petakan, agar kedepan itu pembangunan tidak sembarang dilakukan,” imbuh Dogomo.

Tutup Dogomo, itu sesuai dengan RPJPD, tak hanya di Kabupaten Dogiyai tapi juga, secara bersama RPJPD ini diwajibkan sesuai dengan instruksi menteri dalam negeri nomor 1 tahun 2004 tentang pedoman penyusunan RPJPD 2022.

“Setiap daerah harus menyelesaikan RPJPD itu minggu ke-4 bulan Agustus deadline waktu yang diberikan ini berkaitan juga dengan tahapan, sehingga kami diwajibkan harus selesai di akhir bulan Agustus dengan tujuan RPJPD ini diserahkan kepada KPU agar bakal calon bupati maupun wakil bupati dalam penyusunan visi misi itu mereka mengacu pada RPJPD karena RPJPD itu visi misi daerah sehingga siapapun bupati dan wakil bupati yang akan terpilih dia harus mendiskusikannya,” tutupnya.(MelkyD/tadahnews.com)



Melkianus Dogopia


Baca Juga
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemkab Dogiyai Menggelar Musrenbang Jangka Panjang Daerah, Ini Tujuannya!

P O P U L E R

Trending Now

Iklan

iklan