Iklan

iklan

Ini Arti Secara Detail Logo Provinsi Papua Tengah

Lambertus Magai
3.12.2023 | 11:00:00 PM WIB Last Updated 2023-03-14T19:27:05Z
iklan
Logo Pemprov Papua Tengah

TaDahnews.com, Jayapura --
Dalam acara pemaparan lomba sayembara arti logo Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Tengah yang dilakukan oleh pemerintah setempat, pada Senin 6 Maret 2023, di Nabire, pemenang lomba, Stevanus Degei, memaparkan arti gambar logonya secara detail.

Awali pemaparan, Stevanus mengatakan Provinsi Papua Tengah adalah provinsi paling unik di Tanah Papua dengan letak wilayah yang sangat luas. 

"Saya memadukan satu lambang daerahnya, dilihat dari daerah yang sangat geografis, kultur, budaya, nasional, potensi alam, pertanian, pariwisata dan ekonomi yang ada di wilayah Papua Tengah," ucapnya.

Berikut arti logo Pemerintah Provinsi Papua Tengah yang dijelaskan secara detail oleh Stevanus Degei:

1. Tulisan Papua Tengah merupakan nama Provinsi Papua Tengah yang di bentuk berdasarkan Udang-Undang 12 Tahun 2022 tentang pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Propinsi Papua Tengah. 

2. Latar warna biru merupakan makna kemuliaan Tuhan.

3. Bentuk perisai merupakan lima sila dalam pancasila, dan berwarna putih merupakan salah satu Provinsi dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

4. Bintang melambangkan Ketuhanan yang Masa Esa dalam artian masyarakat Papua Tengah juga memiliki agama dan kepercayaan kepada Tuhan.

5. Gunung melambangkan, semangat perjuangan untuk memajukan, cita-cita Provinsi Papua Tengah. 

6. Burung Cenderawaih mengandung makna bahwa burung surga, burung yang selalu dipuja, burung yang ada khususnya di Tanah Papua, tidak ada di tempat lain. Dan burung cenderawasih ini menjadi satu harapan atau roh cita-cita untuk Tanah Papua lebih khususnya untuk membangun Papua Tengah.

7. Noken merupakan salah satu indentitas orang Papua. Unesco telah mengakui bahwa noken sebagai warisan budaya. Noken dimana dapat mengisi segala sesuatu, baik pertanian maupun apa saja yang dapat diisi dalam noken.

8. Kapak batu adalah untuk menghidupkan atau mempertahankan hidup, membuat kebun, membuat rumah dan keperluan berbagai lainnya. 

9. Lautan mengambarkan bahwa Provinsi Papua Tengah mempunyai wilaiyah pesisir pantai, pantai selatan dan pantai utara.

10. Padi dan kapas adalah simbol nasional, dimana dapat dilihat bahwa di Papua Tengah adalah pemerataan, keadilan untuk membangun Papua Tengah, dari berbagai macam suku,ras, etnis bahasa, budaya dan lain sebagainya. 

11. Jumlah kapas 17 dan 45 padi melambangkan tahun kemerdekaan negara Indonesia.

12. Jumlah 8 buah pagar melambangkan bulan ke delapan dan memiliki arti untuk menciptakan rasa aman, nyaman, keadilan, pemerataan pembangunan sehingga diikat dengan rantai emas, kemanusiaan yang adil dan beradap.

13. Dalam angka 22 merupakan tahun lahirnya Propinsi Papua Tengah dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang pembentukan Provinsi Papua Tengah. 

14. Bingkai tulisan kuning merupakan membangkitkan semangat cita-cita, harapan membangun negeri tercinta Papua Tengah, dalam segalah bidang pembangunan praktis maupun Sumber Daya Manusia (SDM) menuju masyarakat Papua Tengah yang beriman dan sejaterah.



Reporter: Lambertus Magai
Editor: Dani M. B
Baca Juga
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ini Arti Secara Detail Logo Provinsi Papua Tengah

P O P U L E R

Trending Now

Iklan

iklan